-->

Redaksi
Kamis, 11 Juni 2020, Juni 11, 2020 WIB
Last Updated 2021-02-12T13:59:39Z
BeritaDaerahHeadlineInformasiPemkabSekadau

Gapoktan Sumber Makmur Rirang Jati Dapat 6000 Bibit Ikan Dari Pemkab

Advertisement

Fhoto : Pelepasan Bibit Ikan.

BORNEOTRIBUN I SEKADAU - Bupati Sekadau Rupinus, SH, M. Si dan Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M. Si menyerahhan sekaligus melepaskan bantuan 6000 bibit ikan nila dan bibit ikan mas kepada kelompok tani sumber makmur desa rirang jati, kecamatan nanga taman kabupaten sekada. Rabu 10 Juni 2020, kemarin.  

Ketua Kelompok tani sumber makmur Aloysius dalam laporannya mengatakan, potensi alam di desa Rirang Jati juga sangat mendukung untuk membudidayakan ikan kolam air tawar. Aloysius menceritakan kelompok tani sumber makmur mulai berdiri sejak 4 April 2018. Pada tahun 2019, kelompok tani itu menanam cabe seluas 7 hektare dengan hasil yang cukup memuaskan. Namun dalam perjalan waktu cabe yang ditanam kurang memuaskan, karena serangan hama, jamur, cuaca yang kurang mendukung, kekurangan pupuk dan obat-obatan. 

"Menyikapi hal itu, kami berinisiatif membuat inovasi baru, mengajak kawan-kawan belajar berternak ikan ". Ujar Aloi.

Fhoto : Paulus Subarno Melepaskan Bibit Ikan 

Empat harapan yang ingin dicapai oleh kelompok tani sumber makmur, yakni ingin melakukan pembibitan ikan sendiri, Ingin membuat pakan sendiri, berbahan baku dari hasil alam, dari petani untuk petani.
Membuat pupuk kompos, dari bahan jerami, sampah organik dan kotoran kandang. Serta mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Sementara Camat Nanga Taman, Paulus Ugang memberikan semangat bagi kepala desa yang ada di kecamatan Nanga Taman.
Dengan harapan dapat mencontoh kelompok tani sumber makmur Desa Rirang Jati, agar lebih aktif dan kreatif memanfaatkan potensi alam yang ada. 

"Kita harus kompak dalam segala hal, walaupun ini desa Rirang Jati tapi desa-desa lain bisa mencontoh, meniru, memodifikasi ". Ujar Paulus Ugang. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Sekadau Drs Sandae, M. Si dalam sambutannya mengatakan walaupun dalam situasi pandemi Covid-19, para petani di Kabupaten Sekadau tetap semangat dalam bertani. Begitupula para tenaga PPL dari Dinas Ketahanan Pangan, yang tak kenal lelah mendampingi para kelompok tani untuk terus menyediakan kebutuhan pangan di Kabupaten Sekadau.

"Kita juga berusaha agar persediaan pangan tidak kekurangan. Kuncinya di petani. Terima kasih kepada kelompok tani, terutama kelompok tani sumber makmur, cabe dikembangkan ikan dikembangkan ". Tandasnya.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Rupinus mengingatkan kepada Kepala Desa yang ada di kecamatan Nanga Taman, untuk memanfaatkan potensi di daerah masing-masing.
Sementara untuk penjualan hasil panen, dapat memanfaatkan teknologi yang sudah semakin canggih dan untuk tidak takut dalam bekerja selama pandemi Covid-19.

"Sebagi petani jangan takut, kita ke hutan, kena panas bagus. Tidak ada yang melarang bapak ibu bekerja. Yang tidak boleh itu berjalan-jalan, berkumpul dengan banyak orang ". Ungkapnya.

Rupinus tak henti-hentinya mengkampanyekan gerakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.


Penulis : Rilis Humas
Editor    : Herman